DUNIA DIBALIK KACA, kisah nyata seorang gadis autistik

habis liat status fb salah seorang teman, saya jadi ingat kalo tanggal 2 april kemarin adalah hari autis, tapi baru hari ini sempat nulis…

secara umum autis dikenal sebagai suatu kondisi mengenai seseorang sejak lahir ataupun saat masa balita, yang membuat dirinya tidak dapat membentuk hubungan sosial atau komunikasi yang normal. Akibatnya anak tersebut terisolasi dari manusia lain dan masuk dalam dunia repetitive, aktivitas dan minat yang obsesif. (Baron-Cohen, 1993). Tapi dalam buku ini autis dipaparkan secara objektif dari sudut pandang orang dalam “donna williams”, seorang penderita autis yang lahir tahun 1963 dan kini mendirikan AAAC – Alternative Approaches to Autism Consultancy.

Saya tidak akan bercerita tentang buku ini, hanya ingin membuat anda  penasaran untuk memabcanya sendiri :P….

buku berjudul “Dunia di Balik Kaca” ini saya beli beberapa tahun yang lalu karena penasaran..sangat menakjubkan, ditulis oleh seorang wanita yang menyingkap misteri dunia autisme bagi jutaan manusia yang kurang memahaminya..”Donna Williams” berhasil membuat peta dari sebuah dunia yang paling sulit dijamah, sebuah kesaksian mempesona tentang kecerdasan yang tak lekang oleh derita mental

berikut kutipan lembar buku ini yang cukup mempesona :

Aku memandangi pecahan-pecahan piring di atas lantai melalui mata yang basah oleh air mata, kemudian menyayat wajahku karena marah. Aku memotong pipi, dahi, dan daguku. Merasa bahwa aku tidak akan kehilangan apapun, dengan tenang aku berjalan menuruni tangga untuk menyatakan protes tanpa kata-kata. Di dalam pikiranku, perbuatanku benar-benar waras. Aku tidak tahu bagaimana menuntut untuk dipahami. Aku tersesat dan terjebak, dan aku sedang membuat sebuah penyataan…Waktu itu usiaku sembilan tahun, dan aku hampir dikirim ke rumah sakit jiwa.

……….AUTISME BUKAN AKHIR DARI SEGALANYA, IA HANYA MEMBAWAMU KE SEBUAH DUNIA BARU……..

kalau penasaran, baca sendiri yah…heheee

Tinggalkan Balasan

